Sebagaimana
dimaklumi menurut mazhab Syafi’i, qunut merupakan amalan yang disunnatkan dalam
shalat Subuh. Apabila qunut ini lupa dibaca pada tempat pembacaannya, yakni
waktu melakukan i’tidal, maka disunnatkan sujud sahwi sebagai penggantinya. Anjuran
sujud sahwi ketika tertinggal qunut ini berdasarkan analogi (qiyas) kepada anjuran
sujud sahwi pada ketika tertinggal tasyahud awal dalam shalat dengan ‘illah
(alasan hukum) sama-sama merupakan amalan sunnat maqshudah, sehingga perlu
ditempel dengan sujud sahwi. Dengan demikian dapat ditegaskan bahwa tidak haram
sujud sahwi karena meninggalkan
qunut subuh, bahkan itu dianjurkan.
Yang
dimaksud dengan sunnat maqshudah adalah amalan sunnat dalam shalat yang berdiri
sendiri, bukan sebagai penyempurna amalan lain. Ini berbeda dengan takbir, tasbih,
jihar, duduk tawarruk dalam tasyahud akhir, duduk iftiras dalam duduk tahyat
awal dan lainnya.[1]
Takbir merupakan zikir intiqalat (berpindah) dari satu rukun kepada rukun lain,
tasbih merupakan zikir untuk menyempurnakan ruku’ dan sujud dan seterusnya.
Adapun
dalil yang menjelaskan kepada kita sunnat sujud sahwi apabila tertinggal tasyahud
awal antara lain adalah hadits Abdullah
bin Buhainah berbunyi :
صلى بنا رسول الله صلى الله عليه وسلم ركعتين ثم قام فلم
يجلس فقام الناس معه فلما قضى صلاته وانتظرنا تسليمه كبر فسجد سجدتين وهو جالس قبل
التسليم ثم سلم.
Artinya : Rasulullah SAW shalat dengan kami dua raka’at.
Kemudian beliau berdiri dan tidak duduk. Orang-orangpun berdiri mengikuti
beliau. Tatkala beliau menyelesaikan shalatnya dan kami menunggu bacaan salam
beliau, maka beliau bertakbir dan sujud dua kali dan beliau duduk sebelum salam
dan kemudian baru melakukan salam.(al-imam al-sittah)[2]
Al-Khutabi
mengatakan bahwa hadits ini termasuk dalam hadits mu’tamad (menjadi pegangan)
para ahli ilmu [3] Dalam hadits ini, Rasulullah SAW meninggalkan
tasyahud awal karena lupa, namun beliau tidak mengulanginya lagi, tetapi hanya
beliau melakukan sujud sahwi.
Dalam kitab beliau, al-Muhazzab, al-Syairazi, mengatakan :
والثانى أن يترك القنوت ساهيا فيسجد للسهو لانه سنة مقصودة
في محلها فتعلق السجود بتركها كالتشهد الاول
“Yang kedua, seseorang meningalkan qunut dalam keadaan
lupa, maka hendaknya ia sujud sahwi, karena qunut merupakan sunnat maqshudah pada
tempatnya, karena itu dihubungkan sujud dengan sebab meninggalkannya sama
seperti tasyahud awal.[4]
Catatan :
Kitab al-Muhazzab
merupakan matan dari kita Majmu’ Syarh al-Muhazzab karya Imam al-Nawawi seorang
ulama besar dari kalangan mazhab Syafi’i.
[1] Al-Syairazi, al-Muhazzab,
(Dicetak dalam Majmu’ Syarh al-Muhazzab), terbitan : Maktabah al-Irsyad,
Jeddah, Juz. IV, Hal. 52
[2] Jamaluddin al-Zaila’i, Takhrij
Ahadits al-Kasyaf, Maktabah Syamilah, Juz. IV, Hal. 297
[3] Al-Khuthabi, Ma’alim
al-Sunan, Maktabah Syamilah, Juz. I, Hal. 238
[4] Al-Syairazi, al-Muhazzab, (Dicetak dalam Majmu’ Syarh
al-Muhazzab), terbitan : Maktabah al-Irsyad, Jeddah, Juz. IV, Hal. 52
Sumber: kitabkunengblogspot
Tidak ada komentar:
Posting Komentar